RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah         : SMK Farmasi ISFI Banjarmasin

Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/ Semester     : XII / 1

Alokasi Waktu         : 10 X 40 menit

 

Standar Kompetensi  : 1.         Memahami Kehidupan Sosial Manusia

Kompetensi Dasar :

  • Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
  • Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
  • Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

 

Tujuan   :   Siswa mampu memahami memahami Kehidupan Sosial Manusia

 

  1. I.              Indikator
  • Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
  • Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
  • Pembentukan kepribadian  dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
  • Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
  • Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar

 

 

  1. II.            Materi Ajar
  • Pengertian interaksi sosial
  • Pengertian proses sosial
  • Syaratterjadinnya interaksi sosial
  • Pengertian sosialisasi
  • Media sosialisasi
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
  • Interaksi primer
  • Interaksi sekunder

 

  1. III.           Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

 

  1. IV.          Langkah Langkah pembelajaran

Kegiatan awal (10 menit)

  • Guru meminta siswa memahami interaksi sosial.
  • Guru dan siswa mendiskusikan interaksi sosial.

Kegiatan inti

  • Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
  • Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
  • Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial
  • Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
  • Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
  • Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian   menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
  • Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
  • Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar

Kegiatan akhir

  • Guru menyimpulkan interaksi sosial.

 

 

  1. V.   Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku sosiologi
  • Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
  • Koran
  • Gambar/
  • Kliping.
  • Lingkungan sosial sekitar
  1. VI.  Penilaian
  • Tes lisan
  • Tes tertulis
  • Pengamatan
  • Portofolio

Banjarmasin,      

Mengetahui

Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Muliadi,S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah         : SMK Farmasi ISFI Banjarmasin

Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/ Semester     : XII / 1

Alokasi Waktu         : 12 x 40 menit

 

Standar Kompetensi  : 5.          Memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas

Kompetensi Dasar             :

5.1  Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan

5.2  Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat

 

Tujuan   : Siswa mampu memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.

 

Indikator

  • Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
  • Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
  • Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
  • Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
  • Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
  • Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul

 

Materi Ajar

  • Pengertian dan ciri struktur sosial
  • Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial
  • Pengertian konflik sosial
  • Faktor-faktor penyebab konflik sosial
  • Bentuk pengendalian konflik sosial
  • Dampak konflik sosial

 

Metode Pembelajarn

  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

 

Langkah Langkah pembelajaran

Kegiatan awal

  • Guru meminta siswa mendengarkan keterangan mengenai memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.
  • Guru dan siswa mendiskusikan memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.

Kegiatan inti

  • Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya.
  • Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
  • Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya
  • Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
  • Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya
  • Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul

Kegiatan akhir

  • Guru menyimpulkan memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.

 

 

VII. Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku-buku sosiologi
  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA
  • Koran
  • Gambar/
  • kliping
  • Lingkungan sosial sekitar

 

  1. VIII.               Penilaian
  • Laporan hasil eksperimen
  • Uji kompetensi tertulis

 

 

 

 

 

Banjarmasin,      

Mengetahui

Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Muliadi,S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Nama Sekolah         : SMK Farmasi ISFI Banjarmasin

Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/ Semester     : XII / 1

Alokasi Waktu         : 20 X 40 menit

 

Standar Kompetensi  : 6.          Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural

Kompetensi Dasar             :

6.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

6.2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

6.3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

 

Tujuan   : Siswa mampu menjelaskan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta  keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .

 

Indikator

  • Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
  • Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada
  • Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
  • Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
  • Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
  • Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies
  • Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
  • In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner

 

 

Materi Ajar

  • Pengertian kelompok sosial
  • Pengertian masyarakat multikultural
  • Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
  • Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
  • Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia
  • Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
  • Gemeinschaft dan gesselschaft
  • Kelompok primer dan kelompok sekunder
  • In-group dan out-group

 

 

Metode Pembelajarn

  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

 

Langkah Langkah pembelajaran

Kegiatan awal

  • Guru meminta siswa mendengarkan keterangan mengenai berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta  keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
  • Guru dan siswa mendiskusikan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta  keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

Kegiatan inti

  • Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
  • Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
  • Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
  • Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
  • Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
  • Berdiskusi dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi

Kegiatan akhir

  • Guru menyimpulkan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta  keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. IX.  Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku sosiologi
  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA
  • Koran
  • Gambar/
  • kliping
  • Lingkungan sosial sekitar

 

  1. X.   Penilaian
  • Laporan hasil eksperimen
  • Uji kompetensi tertulis

 

 

 

 

Banjarmasin,      

Mengetahui

Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Muliadi,S.Pd

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s