RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                         :    SMK Farmasi ISFI Banjarmasin

Mata Pelajaran              :    Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas                             :    XI C

Semester                       :    I

Pertemuan Ke               :    –

Alokasi Waktu              :    1 x 40 menit

Standar Kompetensi     :  Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural

 

Kompetensi Dasar           : Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

 

A. Indikator                :     1. Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya

  1. Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada

B. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:

  1. 1.       Siswa mampu menjelaskan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok                          2.     sosial serta  keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .
  2. Materi Pembelajaran

A.masyarakat multicultural

a. furnival mengemukakan bahwa masyarakat mulikultural merupakan masyarakat angterdiri atas dua atau lebih komunitas (kelompok) yang secara cultural dan ekonomi terpisah –pisah.

B. Dr.nasikun menyatakan bahwa masyarakat majemuk merupakan suatu masyarakat yang menanut berbagai sistem nilai yang dianut oleh berbagai kesatuan social yang menjadi bagian bagiannya.

Jadi pengertian masyarakat multicultural adalah masyarakat ynagterdiri dari banyak sturuktur kebudayaan yang disebabkan keaneka ragaman suu bangsa.

2. kategori masyarakat multicultural

Menurut pendapat vurnival berdasarkan konfigurasi (susunannya) dan komuni9tas ekniknnya, masyarakat majemuk di bedakan menjadi empat katagori berikut.

  1. Masyarakat majemuk dengan kompotisi yang seimbang
  2. Masyarakat majemuk dengan maoritas dominan
  3. Masyarakat majemuk dengan minoritas dominan
  4. Masyarakat majemuk dengan fragmentasi

 

  1. Karakteristik sifat dan masyarak multikultural

Berikut karakteristik masyarakat multicultural

1. terjadi sekmentasi dalam bentuk-bentuk kelompok sub kebudayaan ysng berbeda satu dengan  yang lain

2. memiliki sturuktur social yang terbagi-bagi kedelam lembaga-lembaga yang besifat    non komplementer.

3. kurang mengembangkan konsessius antara anggota anggotanya terhadap nilai-nilai yang bersifat mendasar

4. secara relative integrasi sosiala tumbuh atas paksaan dan saling ketergantungan di b idang ekonomi

5. adannya dominasi politik

 

 

 

  1. Metode Pembelajaran: Ceramah

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan pendahuluan (5 Menit)

–        Apersepsi dan guru mengingatkan kembali tentang masyarakat multikultural pembelajaran.

  1. Kegiatan Inti (30 Menit)

Langkah-langkah:

  1. Guru mulai mengaitkan jawaban siswa dengan materi tentang masarakat multikultural
  2. Setelah mendapatkan konsep awal dari siswa baru Guru menerangkan materi tentang masarakat multikultural.
  3. Kegiatan Penutup (5 Menit)

– Membuat kesimpulan bersama siswa

– Menutup pelajaran dengan membuat ringkasan materi yang telah dibahas.

 

  1. Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman khusus pengembangan Silabus dan RPP SMA
  • Buku sumber sejarah SMK:

Modul IPS untuk SMK/MAK Kelas X semester I.

  • Internet
  • Alat                 :    Spidol/batu kapur
  • Media belajar  :    papan tulis.

 

  1. Penilaian

–          Tes tertulis mengenai materi sosialisasi;

  1. jelaskan pengertian masyarakat multikultural?
  2. Jelaskan ciri-ciri masyaraat multikultural?

 

Jawaban sesuai dengan kisi-kisi berikut

  1. merupakan masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas yang secara kultural dan ekonomi terpisah-pisah serta memiliki sturuktur kelembagaan.
  2. Dr. Nasikun menyatakna bahwa bahwa masyarakat menganut berbagai sistem nilai  yang dianut oleh berbagai kesatuan sosial yang menjadi bagian-bagiannya

Jadi pengertian masarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri banyak struktur kebudayaan ang disebabkan oleh keaneka ragaman suku bangsa serta kelompok-kelompok ras ang mempunyaistruktur budya sendiri

  1. Mempunyai struktur budaya lebih dari satu
    1. Nilai-nilai dasar yang merupakan kesepakatan bersama sulit untuk berkembang
    2. Seringterjadi perbedaan  persepsi
    3. Struktur sosialnnya lebih bersifat non komplementesatu sama lainr artinnya tidak saling mendukung
    4. Media masa, yang terbagi menjadi dua yaitu media cetak dan elektronik yang memiliki pengaruh terhadap anak yang dapat lebih mudah diterima sehingga jaringan sosialisasinya lebih luas.

 

Teknik penilaian berdasarkan pemberian skor mulai dari 30-50.

 

Banjarmasin, oktober 2010

Mahasiswa PPL 2

 

Rully Julianda

NIM A1A107019

Mengetahui Guru Pamong

Muliadi,S.Pd

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s